NLP adalah singkatan dari Neuro Linguistic Programming.

Neuro berarti “syaraf/otak/pikiran”, linguistic berarti “bahasa/kata-kata” dan programming berarti “menata/menyusun”. Secara harfiah, NLP dapat diterjemahkan sebagai pemrograman otak menggunakan keahlian berbahasa (linguistik).

NLP adalah suatu pengetahuan mengenai manusia yang diformulasikan untuk pertama kalinya pada awal tahun 70-an, oleh suatu study group yang dimotori oleh:

Richard Bandler (ahli komputer sains/matematik) dan John Grinder (ahli lingusitic).

NLP bermula di California ketika Richard Bandler, mahasiswa University of Santa Cruz bersepakat dengan John Grinder, profesor bahasa, untuk mempelajari kesempurnaan keterampilan berkomunikasi yang akhirnya mendunia sebagai suatu pengetahuan pemberdayaan diri yang sangat luar biasa.

NLP tidak hanya dipakai untuk keperluan komunikasi sehari-hari dalam dunia kerja, tapi lebih dari itu, NLP juga dapat digunakan sebagai therapeutic communication, komunikasi yang dapat menyembuhkan seseorang dari permasalahan-permasalahan psikosomatis. Aplikasinya beragam mulai dari mengubah mindset, menghentikan kebiasaan buruk hingga teknik-teknik memotivasi diri sampai menciptakan goal setting yang efektif.

Saat ini NLP telah berkembang sangat pesat di Amerika, Eropa, Australia dan Asia hingga ke Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an yang berperan untuk meningkatkan pemberdayaan diri secara optimal. Seseorang yang telah menguasai ilmu NLP bagaikan memiliki peta pikiran manusia sehingga mampu menggerakkannya sesuai dengan apa yang diinginkan.

BEBERAPA DEFINISI NLP

  • The science of how the brain codes learning and experience (Ilmu tentang bagaimana otak memberikan kodifikasi atas sesuatu yang telah dipelajari dan dialami oleh seseorang).
  • The study of the structure of subjective experience (Study tentang struktur pengalaman subjektif seseorang).
    An attitude and a methodology that leaves behind a trail of techniques (Sebuah sikap dan metodologi yang melahirkan teknik-teknik terapi).
  • A model of how we receive information, store information and retrieve it (Sebuah model tentang bagaimana kita menerima informasi, menyimpan informasi dan mengambilnya).
  • A revolutionary approach to human communication and development (Pendekatan revolusioner dalam bidang komunikasi dan pengembangan diri).
  • The difference that makes the difference (Sebuah perbedaan yang membedakan).
  • A user’s manual for the brain (Petunjuk manual bagi penggunaan otak).

TUJUAN PELATIHAN NLP

Pelatihan NLP yang diselenggarakan mengarahkan pesertanya untuk:

  • Mengerti cara manusia mengubah informasi menjadi realitas dalam pikiran dan menggunakannya dalam aktivitas kehidupan dan pekerjaan.
  • Memahami bagaimana cara membangun belief system (keyakinan diri) dan menguasai state of mind (kondisi pikiran dan perasaan) dan State of excellence (kondisi puncak) agar menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi perubahan dan tantangan apapun.
  • Menguasai teknik-teknik NLP untuk mengarahkan state of mind sesuai dengan apa yang diinginkan, sehingga suasana menjadi lebih kondusif dan berdampak positif.
  • Mampu mengubah ketidakpuasaan akibat dari kondisi yang tidak diinginkan menjadi makna baru yang lebih positif dan menentramkan.
  • Mengerti dan memahami bagaimana teknik memotivasi diri sendiri untuk dapat selalu bersemangat, pantang menyerah, fokus pada solusi dan melayani dengan sepenuh hati.

MANFAAT PELATIHAN NLP SECARA KHUSUS

Dari pelatihan ini,peserta dapat menemukan teknik-teknik aplikatif yang sangat efektif untuk:

  1. Pengendalian Emosi:Bagaimana mengatur emosi menjadi lebih positif; Bagaimana memberi arti positif atas setiap peristiwa yang terjadi; Bagaimana mengurangi stress, trauma, cemas, dan pobia.
  2. Membangun Motivasi:Bagaimana memotivasi diri (self motivation); Bagaimana membangun percaya diri; Bagaimana mencapai puncak kinerja personal secara cepat; Bagaimana mengubah yang ‘tak mungkin’ menjadi ‘mungkin’.
  3. Mengubah Kebiasaan:Bagaimana mengubah sikap, kebiasaan dan keyakinan; Bagaimana mengubah ketakutan menjadi kekuatan; Bagaimana cara menumbuhkan mental pemenang; Bagaimana cara membuang mental block; Bagaimana melakukan pemrograman diri untuk mencapai goal.
  4. Kemahiran Berkomunikasi:Bagaimana cara “berpikir” dengan gerakan bola mata; Bagaimana cara mencairkan suasana; Bagaimana caranya berbeda pendapat tanpa menyakiti orang lain; Bagaimana membuat akrab dengan orang yang baru dikenal; Bagaimana caranya agar leading dalam komunikasi; Bagaimana caranya membangun trust dengan rekan kerja, pimpinan atau bawahan.

DURASI PELATIHAN

(16 jam atau 2 hari)

TOPIK BAHASAN:

  • Understanding Of Human Mind
  • Pillars of Communication
  • Representational System
  • Pacing – Leading
  • Meta Model
  • Face Calibration
  • Eye Accessing Cues
  • Mental Block
  • State Of Excellence
  • Reframing
  • No Mind
  • Empowering Believe
  • Emotional Releasing

KONDISI DAN METODE PELATIHAN:

Pelatihan dikemas dalam suasana fun dan santai,penuh dengan permainan dan simulasi. Pelatihan Menggunakan metode andragogi dan experiental learning.

Andragogi adalah proses belajar bagi orang dewasa. Dengan metode ini, peserta tidak dijejali dengan teori-teori yang rumit, tetapi justru teori-teori tersebut muncul secara tidak disadari.

Melalui metode experiental learning; peserta mengalami sendiri proses belajar yang melibatkan auditory, visual, dan kinestetik melalui games, simulasi, role play, studi kasus, tantangan, mendengarkan musik, menonton film, magic show, dsb.
Walaupun bersifat entertainment, peserta akan mendapatkan pengetahuan dan motivasi serta langsung dihantarkan pada aplikasi dan hikmahnya dalam aktivitas pekerjaan. Narasumber bukan sekedar bertindak sebagai penyaji materi,Melainkan sebagai fasilitator yang atraktif dan komunikatif.

TRAINER AND COACH

Drs. Bambang Setiawan, M.M

seseorang yang concern di bidang mind technology, praktisi NLP yang mendapatkan sertifikat Master of NS (Neuro Semantics) NLP Neuro Linguistic Programming) pertama dari program sertifikasi yang diselenggarakan di Indonesia, yang dikeluarkan oleh International Society of Neuro Semantics (ISNS). Beliau juga tercatat sebagai Certified Hypnotist, Hypnotherapist dan Instructor pada The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH). Ratusan perusahaan swasta, BUMN dan instansi pemerintah telah merasakan keampuhan NLP melalui pelatihan Aplikasi NLP maupun Program Sertifikasi NLP yang diselenggarakannya.

Agung Fatwa,

seorang penulis buku dengan penjualan terbaik yang berjudul
“The Akhlak Revolution” dan “Simfoni Kehidupan”.
Bukan sekedar sebagai Motivator, namun juga membantu memberikan ruang bagi peserta untuk me-release (melapangkan, membuang) emosi diri dengan menggunakan berbagai macam teknik termasuk NLP di dalamnya. Aktivitas lain mengisi acara di berbagai TV dan Radio di Kota Bandung, saat ini programnya adalah “CERMIN“ di I-Channel TV 26 UHF BDG.

JUMLAH PESERTA

Efektivitas pelatihan,
peserta kami batasi hanya untuk 20 orang dalam satu kelasnya.

BIAYA KEPESERTAAN
Rp. 7.500.000,-/ Orang
(Included Hotel Room 3 Days 2 Night)

Untuk informasi lebih lanjut hubungi call center kami.